Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah,
alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada
bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan sebagai penunjang
kelancaran pekerjaan administrasi dengan
memanfaatkan software tertentu. Masuknya Teknologi
Informasi dan Komunikasi ke dalam kurikulum baru pada eranya, maka Teknologi
Informasi dan Komunikasi dijadikan sebagai salah satu pelajaran utama.
Visi mata pelajaran Teknologi
Informasi Komunikasi adalah membuat siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat
Teknologi Informasi Komunikasi dengan tepat untuk dapat memperoleh dan
memproses informasi dalam kegiatan pembelajaran, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga
siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan
eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di
lingkungannya. Melalui pembelajaran Teknologi Informasi
Komunikasi diharapkan siswa terlibat dengan perubahan pesat dalam hidup ini yang
mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan Teknologi Informasi dan
Komunikasi, sehingga mereka dianggap tidak ketinggalan jaman. Siswa menggunakan
Teknologi Informasi dan komunikasi untuk mengeksplor, analisis, tukar menukar
informasi denagn efektif dan efisien. Penambahn kemampuan siswa karena
penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi dapat mengembangkan kepribadian
siswa, sehingga siswa dapat mempertimbangkan dan memutuskan kapan dan dimana
penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat.
Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup
dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi
informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai
alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi
merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya, oleh karena
itu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi tidak bisa dipisahkan. Secara
khusus tujuan kita belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah :
1) Menyadarkan
siswa akan perkembangan teknologi dalam kemajuan zaman sehingga siswa dapat
termotivasi untuk mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar
belajar sepanjang hayat.
2) Memotivasi
kemampuan siswa untuk dapt beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
3) Mengembangkan
potensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
mendukung kegiatan pembelajaran, bekerja dan aktifitas lainnya dalam kehidupan
sehari hari.
4) Mengembangkan
kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses
pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam
berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5) Mengembangkan
kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan
bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari
Dalam kegiatan belejar mengajar seorang guru Teknologi
Informasi dan Komunikasi tidak harus bertatap muka langsung dengan para
siswanya, tetapi guru dapat menggunakan E-mail, Internet, dll sebagai media
pembelajaran, dengan demikian siswa dapat memperoleh informasi yang luas
melalui dunia maya melalui komputer atau internet. Hal yang paling menakjubkan
adalah berkembangnya E-learning, yaitu proses pembelajaran denagn mengunakan
media Teknologi Informasi dan Komuikasi khususnya internet. Menurut Rosenberg,
E-learning merupakan salah satu penggunaan teknologi internet dalam
pembelajarandalan jangkauan yang berlandaskan tiga kriteria, yaitu :
1)
E-learning merupakan jaringan dengan
kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar
atau informasi
2)
pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui
komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar
3)
memfokuskan pada
pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik
paradigma pembelajaran tradisional.
Satu bentuk produk Teknologi Informasi
dan Komunikasi adalah internet yang berkembang pesat di
penghujung abad 20 dan di ambang abad 21. Kehadirannya telah memberikan dampak
yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan
dimensi. Internet merupakan salah satu instrumen dalam era globalisasi yang
telah menjadikan dunia ini menjadi transparan dan terhubungkan dengan sangat
mudah. Melalui internet setiap orang dapat mengakses ke dunia global untuk
memperoleh informasi dalam berbagai bidang dan pada gilirannya akan memberikan
pengaruh dalam keseluruhan perilakunya. Oleh karenanya internet adalah
instrumen yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi selain komputer sebagai media pokok.
Pelajaran pertama yang
diberikan seorang guru Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah pengenalan
terhadap komputer sebagai media pembelajaran seperti hardware dan software,
lalu belanjut pada pelajaran microsoft, yaitu Ms Word, Ms Excel, Ms Power
Point. Microsoft word biasanya
dipelajari lebih dulu dari microsoft lainnya, untuk permulaan guru akan
mengajarkan tentang menu bar, tool bar, cara menyimpan data, membuat folder,
mengetik dengan baik, dll. Setelah siswa dapat menguasai microsoft word akan
berlanjut pada microsoft excel dan microsoft lainnya. Umumnya pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi membahas tentang microsoft karena microsoft
ini sangat berperan penting dalam pekerjaan, seperti ketika seorang melamar
pekerjaan ia akan di tes mengenai kemampuan mengoprasikan komputer.
Materi Teknologi Informasi dan
Komunikasi bukan hanya dapat dipraktikan pada pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi melainkan dapat dignakan juga pada pelajaran lainnya, oleh karena
itu setelah
lulus pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa
menjadi kreatif, terampil dan mampu beradaptasi dengan kemajuan IPTEK yang
pesat ini.
(Yogi Nopriyanto)
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar