Saturday 23 August 2014

Teknologi Informasi dan Komunikasi : Tulang Punggung Kemajuan Siswa



Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan sebagai penunjang kelancaran pekerjaan  administrasi dengan memanfaatkan software tertentu. Masuknya Teknologi Informasi dan Komunikasi ke dalam kurikulum baru pada eranya, maka Teknologi Informasi dan Komunikasi dijadikan sebagai salah satu pelajaran utama.

Visi mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi adalah membuat siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi Komunikasi dengan tepat untuk dapat memperoleh dan memproses informasi dalam kegiatan pembelajaran, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya. Melalui pembelajaran Teknologi Informasi Komunikasi diharapkan siswa terlibat dengan perubahan pesat dalam hidup ini yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga mereka dianggap tidak ketinggalan jaman. Siswa menggunakan Teknologi Informasi dan komunikasi untuk mengeksplor, analisis, tukar menukar informasi denagn efektif dan efisien. Penambahn kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi dapat mengembangkan kepribadian siswa, sehingga siswa dapat mempertimbangkan dan memutuskan kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat.
Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya, oleh karena itu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi tidak bisa dipisahkan. Secara khusus tujuan kita belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah :
1)      Menyadarkan siswa akan perkembangan teknologi dalam kemajuan zaman sehingga siswa dapat termotivasi untuk mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar belajar sepanjang hayat.
2)      Memotivasi kemampuan siswa untuk dapt beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
3)      Mengembangkan potensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran, bekerja dan aktifitas lainnya dalam kehidupan sehari hari.
4)      Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5)      Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari
Dalam kegiatan belejar mengajar seorang guru Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak harus bertatap muka langsung dengan para siswanya, tetapi guru dapat menggunakan E-mail, Internet, dll sebagai media pembelajaran, dengan demikian siswa dapat memperoleh informasi yang luas melalui dunia maya melalui komputer atau internet. Hal yang paling menakjubkan adalah berkembangnya E-learning, yaitu proses pembelajaran denagn mengunakan media Teknologi Informasi dan Komuikasi khususnya internet. Menurut Rosenberg, E-learning merupakan salah satu penggunaan teknologi internet dalam pembelajarandalan jangkauan yang berlandaskan tiga kriteria, yaitu :
1)      E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi
2)      pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar
3)      memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional.

Satu bentuk produk Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah internet yang berkembang pesat di penghujung abad 20 dan di ambang abad 21. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Internet merupakan salah satu instrumen dalam era globalisasi yang telah menjadikan dunia ini menjadi transparan dan terhubungkan dengan sangat mudah. Melalui internet setiap orang dapat mengakses ke dunia global untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang dan pada gilirannya akan memberikan pengaruh dalam keseluruhan perilakunya. Oleh karenanya internet adalah instrumen yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi selain komputer sebagai media pokok.
Pelajaran pertama yang diberikan seorang guru Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah pengenalan terhadap komputer sebagai media pembelajaran seperti hardware dan software, lalu belanjut pada pelajaran microsoft, yaitu Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point.  Microsoft word biasanya dipelajari lebih dulu dari microsoft lainnya, untuk permulaan guru akan mengajarkan tentang menu bar, tool bar, cara menyimpan data, membuat folder, mengetik dengan baik, dll. Setelah siswa dapat menguasai microsoft word akan berlanjut pada microsoft excel dan microsoft lainnya. Umumnya pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi membahas tentang microsoft karena microsoft ini sangat berperan penting dalam pekerjaan, seperti ketika seorang melamar pekerjaan ia akan di tes mengenai kemampuan mengoprasikan komputer.
Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi bukan hanya dapat dipraktikan pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi melainkan dapat dignakan juga pada pelajaran lainnya, oleh karena itu setelah lulus pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa menjadi kreatif, terampil dan mampu beradaptasi dengan kemajuan IPTEK yang pesat ini.
(Yogi Nopriyanto)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :