Wednesday 27 August 2014

Membuat Efek Kebakaran Menggunakan Particle Illusion 3.0

Halo PalComSter, semoga anda semua dalam keadaan sehat wal afiat dan tidak kurang suatu apa pun, amin. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membahas tentang membuat efek kebakaran dengan menggunakan Particle Illusion 3.0. Sebagai persiapan, anda dapat mendownload emitter libraries (il3) tambahan selain default libraries yang sudah ada di aplikasi Particle Illusion 3.0. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1

Buka aplikasi Particle Illusion 3.0 yang anda miliki, atur project setting sebagai berikut (penulis menggunakan setting format VCD PAL).
propertis8

Langkah 2

Klik kanan pada frame 0, pilih Background Image, pilih gambar yang akan dijadikan background. Penulis menggunakan gambar building.jpg, tetapi anda dapat menggunakan gambar lainnya.
propertis9

Langkah 3

Klik ganda pada header jendela emitter libraries default.il3, browse emitter fire_01.il3 yang telah anda download sebelumnya (emitter tersebut tersedia pada link yang telah penulis berikan).
propertis10
Langkah 4
Klik kanan pada Layer 0, pilih New Layer, beri nama layer Fire atau Api. Cari emitter Flames with Smoke yang berada dalam jendela Libraries Fire_01.il3 tersebut.
propertis11
Langkah 5
Klik emitter sesuai dengan posisi titik pada gambar berikut :
propertis12
Langkah 6
Klik tanda (+) di depan parameter emitter Flames with smoke tersebut. Pilih opsi Active, pastikan nilainya dari frame 25 hingga frame 250 (atau frame terakhir yang anda gunakan).
propertis13
Langkah 7
Untuk mendapatkan asap yang sesuai, silakan bereksperimen dengan berbagai parameter yang terdapat pada emitter tersebut. Anda dapat melihat perubahan yang terjadi dengan menggeser slider pada jendela frame atau dengan menekan tombol play.
propertis14
Langkah 8
Sebagai contoh, penulis akan mengatur nilai parameter weight menjadi 30% pada frame 101 dan bernilai 150% pada frame 251.
propertis15
Langkah 9
Klik icon Add force untuk menambahkan efek hembusan angin agar efek asap terkesan lebih natural. Klik pada posisi seperti yang ditunjukkan gambar :
propertis16
Langkah 10
Ubah nilai parameter Strength menjadi sekitar 500% agar angin terlihat meniup asap yang dikeluarkan api.
propertis17
Langkah 11
Save output dengan menekan tombol . Pilih format AVI yang dikompresi dengan menggunakan codec h.264/mpeg4.
propertis18
propertis19

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :