Tuesday 26 August 2014

Apa, Siapa Dan Untuk Apa Sebenarnya Fenomena Bernama Ice Bucket Challenge?


image
Ronal Surapradja dan Tike menerima tantangan mandi air es
Satu lagi fenomena unik dan menarik sedang melanda dunia, Ice Bucket Challenge atau Mandi Air Es. Yup, tantangan ini memang menggunakan air es yang dingin untuk kemudian diguyurkan ke seluruh tubuh dari kepala. Cukup banyak tokoh entertainment dunia yang menerima dan melakukan tantangan ini sebut saja Justin Timberlake, Lady Gaga hingga Andy Lau. Lalu, apa sih sebenarnya Ice Bucket Challenge itu?


Nyoba ubek-ubek google, nemu juga di KompasOnline. Cekidot…
Dalam Ice Bucket Challenge, seorang tokoh mengguyur diri sendiri dengan seember air es lalu menantang tiga orang lain untuk melakukan hal yang sama dalam waktu 24 jam. Aksi berbasah-basahan itu direkam dalam video dan diunggah ke dunia maya. Mereka yang telah menyelesaikan tantangan itu bisa menantang orang lain untuk melakukan hal yang sama dalam waktu 24 jam. Jika tidak menjawabnya, maka peserta yang ditantang wajib memberi donasi sebesar 100 dollar AS untuk penelitian penyakit tersebut
Lebih lanjut…
Gerakan mandi air es ini dimulai dari Amerika Serikat dan kini telah mewabah ke seluruh penjuru dunia. Fenomena ini menyebar setelah muncul inisiatif menggalang dana untuk riset terhadap amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau degenerasi saraf otak yang mengakibatkan kelumpuhan, dalam rangka riset mencari obat dari penyakit tersebut.
Lalu, sebenarnya fenomena Ice Bucket Challenge ini siapa yang memulai? Merdeka mengulas dalam beritanya sebagai berikut:
Asal-usul dari Ice Bucket Challenge sendiri tidak jelas. Namun, Cold Water Challenge disebut-sebut sebagai asal-muasal lahirnya tantangan unik itu. Tantangan ini sempat populer di media sosial, khususnya di daerah-daerah di utara Amerika. Kegiatan ini dilakukan dengan menantang peserta untuk menyumbangkan uang mereka untuk penelitian kanker atau mengambil tantangan melompat ke dalam air dingin.
Sebagaimana dilansir Wikipedia, divisi Sheaves For Christ dari General Youth Division UPCI adalah komunitas pertama yang mulai menyebarkan virus ini ke seluruh Amerika. Dalam sebuah video yang dirilis pada 26 April lalu, Amado Huizar menantang orang-orang untuk menyumbangkan USD 100 (Rp 1,1 juta) untuk misi penggalangan dana Sheaves For Christ atau melompat ke dalam air es. Videonya
kemudian menjadi viral di internet dan telah ditiru oleh banyak orang.
Ice Bucket Challenge mulai mewabah di Amerika ketika pada 30 Juni sebuah program TV Amerika, Golf Channel Morning Show, mengulas tentang fenomena media sosial dan kemudian melakukan Ice Bucket Challenge secara live. Segera setelah itu, pada 15 Juli seorang pegolf bernama Chris Kennedy melakukan tantangan yang sama dan
menantang sepupunya Jeanette Senerchia dari Pelham, New York. Dan kebetulan suami Jeanette, Anthony, telah menderita ALS selama 11 tahun.
image
Irfan Bachdim juga tidak ketinggalan ikutan ice bucket challenge
Hingga kini, beberapa selebritis tanah air telah ikutan berpartisipasi. Tercatat nama-nama tenar semisal pesepakbola Irfan Bachdim yang kemudian menantang Bambang Pamungkas untuk mandi air es, tantangan yang akhirnya diterima. Lalu ada komedian Ronal Surapradja dan Tike yang juga akhirnya mengunggah video guyuran air es di kepalanya ke Youtube. Satu nama yang memilih untuk tidak mengguyur adalah Raisa yang ditantang Irfan Bachdim, takut rusak kali ya kulitnya hehehe… tapi Raisa memilih mendonasikan US$100 untuk ALS.
image
Dari dunia balap motor juga tidak ketinggalan terjangkiti fenomena ini. Mulai dari Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa hingga Valentino Rossi menerima tantangan tersebut.
Eh, btw nih… misalkan lebih banyak yang menerima tantangan mandi air es dibanding yang tidak bukannya jumlah donasi menjadi sedikit ya, malah jadi ajang seru-seruan saja.
Bagaimana seandainya blogger-blogger papan atas semisal, TMCBlog, Iwanbanaran, Bonsai Biker, hingga Motoblast memulai ya? Kan WA mereka dan bejibun tuh hehehe… tapi jangan menantang kita-kita yang kelas ecek-ecek ya, bisa-bisa keok nih dompet hehehehe…
Oh iya, hati-hati juga bagi siapa saja yang berniat menerima tantangan mandi air es ini, hypothermia bisa membuat nyawa Anda melayang seperti yang menimpa seorang wanita bernama Latasha Brown. Brown dikabarkan tewas 30 detik setelah kepalanya diguyur air es akibat hypothermia. Kalau merasa punya duit, mending kalau ditantang nyumbang aja deh, itung-itung berpartisipasi yang sebenarnya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :