Saturday 23 August 2014

ISI LATAR BELAKANG



1.        Apa yang menjadi permasalahan?
Ø Deskripsikan hal-hal yang ideal, yang menjadi harapan dari variabel Y.
Ø Deskripsikan bahwa kenyataan yang terjadi masih jauh dari ideal atau harapan.
Ø Kesenjangan antara harapan dan kenyataan inilah yang menjadi masalah.

2.        Berikan fakta-fakta secara lengkap berdasarkan sumber-sumber informasi yang akurat!
Ø Fakta adalah kenyataan yang benar-benar terjadi (peristiwa, tempat, dan waktunya jelas serta dapat dipertanggungjawabkan)
Contoh: Korban penyalahgunaan narkoba di Kab. Tangerang tahun 2008 dimuat dalam Kompas, 23 Desember 2008.
Ø Bedakan dengan realita, yaitu kenyataan yang dapat terjadi atau mungkin terjadi (peristiwa, tempat, dan waktunya belum jelas sehingga cenderung bersifat opini).
Contoh: Penyalahgunaan narkoba banyak membawa korban (peristiwa, tempat, dan waktunya belum jelas).
3.        Tunjukkan status masalah dalam konteks yang lebih luas atau lebih penting!
Ø Jika masalah tidak segera diatasi akan menimbulkan permasalahan yang lebih besar.
Ø Contoh: Jika generasi muda banyak menyalahgunakan narkoba, nasib bangsa di masa depan akan hancur.

4.        Deskripsikan usaha-usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat!
Ø Tunjukkan bahwa usaha-usaha yang telah dilakukan belum efektif memecahkan masalah.

5.        Deskripsikan bahwa dalam agama Buddha terdapat nilai-nilai yang lebih efektif untuk memecahkan masalah (variabel X), namun belum diberdayakan secara optimal.
6.        Nyatakan bahwa berdasarkan hal-hal di atas, penulis tertarik atau terdorong untuk meneliti atau mengkaji permasalahan tersebut!
7.        Nyatakan alasan-alasan pokok penulis mengangkat permasalahan tersebut! (Kristalisasi dari uraian permasalahan di atas)
Ø Contoh: Adapun alasan pokok penulis mengangkat permasalahan tersebut adalah:
1.      Permasalahan penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda saat ini semakin mengkhawatirkan.
2.      Upaya-upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba yang telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat belum sepenuhnya membuahkan hasil yang memuaskan.
3.      Dalam agama Buddha terdapat nilai-nilai yang dipandang sangat efektif untuk memecahkan masalah penyalahgunaan narkoba, namun belum diberdayakan secara optimal.
8.        Deskripsikan manfaat umum jika masalah tersebut dapat diselesaikan! (Hal-hal yang ideal atau menjadi harapan dapat tercapai).

-----------------------------









TEKNIK PENYUSUNAN
LATAR BELAKANG MASALAH
DALAM KARANGAN ILMIAH (SKRIPSI)
oleh Suyanto *)

Salah satu persoalan yang dihadapi oleh mahasiswa penulis karangan ilmiah (skripsi) di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten saat ini adalah rendahnya kemampuan menyusun latar belakang masalah. Mereka merasa kesulitan untuk merumuskan kalimat-kalimat  latar belakang masalah yang tepat. Pada umumnya mereka kurang memahami secara komprehensif isi latar belakang masalah yang harus disajikan, di samping juga kurang memahami cara menata isi latar belakang masalah  yang runtut. Akibatnya, isi latar belakang masalah yang mereka  susun tidak jelas, tidak sistematis, cenderung berputar-putar, dan membingungkan.
Latar belakang masalah memiliki fungsi yang sangat penting dan strategis, yaitu mengantar atau menarik perhatian pembaca kepada masalah yang akan dibahas. Kegagalan penulis dalam menyusun latar belakang masalah akan berpengaruh pada kurangnya minat dan ketertarikan pembaca untuk melanjutkan membaca karangan ilmiah tersebut secara keseluruhan. Di samping itu, juga akan mempengaruhi penilaian pembaca terhadap kredibilitas penulis karangan ilmiah (skripsi) tersebut.  Oleh karena itu, penulis karangan ilmiah (skripsi) mutlak harus memiliki kompetensi menyusun latar belakang masalah dengan sebaik-baiknya.
Atas dasar pemikiran tersebut, maka berikut ini akan disajikan teknik penyusunan latar belakang masalah, dengan harapan dapat dijadikan penuntun bagi mahasiswa penulis karangan ilmiah (skripsi). Dalam artikel ini akan disajikan hal-hal yang berhubungan dengan teknik penyusunan latar belakang masalah, meliputi: pengertian dan fungsi, isi dan jabarannya, serta teknik penataan isi latar belakang masalah.



Pengertian dan Fungsi   

Latar belakang masalah adalah salah satu bagian pendahuluan dalam karangan ilmiah (skripsi) yang berfungsi untuk mendeskripsikan permasalahan umum  dari topik yang akan ditulis. Jati dan Suyanto (2008: 20) menjelaskan, bagian ini menguraikan masalah secara makro dalam ruang lingkup yang luas dan bersifat umum, serta menjelaskan pentingnya masalah yang akan diteliti dan keterkaitannya terhadap faktor-faktor lain. Kuntarto (2007: 181) menyatakan, ”Latar belakang masalah berisi pendeskripsian tentang permasalahan umum dari topik yang akan kita teliti.” Selanjutnya, Indradi (2003: 107) berpendapat, ”Latar belakang sebagai sub-sub paling awal berisi paparan-paparan mengenai pentingnya atau perlunya permasalahan tersebut ditulis.” Jadi, fungsi latar belakang masalah adalah mengantar atau menarik perhatian pembaca kepada masalah yang akan dibahas, dengan cara mendeskripsikan alasan pentingnya permasalahan atau suatu topik dibahas atau diteliti.  

Isi dan Jabarannya

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :