Friday 8 August 2014

DONGENG SEBELUM TIDUR ANAK-ANAK PENYIHIR



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/8/82/Tales_of_Beedle_the_Bard.jpg/200px-Tales_of_Beedle_the_Bard.jpg
Judul Buku      :           The Tales of Beedle the Bard
Penulis             :           J.K Rowling
Penerbit           :           PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit     :           2009
Alih Bahasa     :           Nina Andiana dan Listiana Srisant
Editor              :           Ramayanti
Tebal Buku      :           144 halaman, 17,2 cm
Harga buku     :           Rp. 50.000,00
Joanee Kathleene Rowling atau yang lebih disebut dengan J.K Rowling adalah penulis terkenal di dunia. Setiap orang pasti tahu nama J.K Rowling saking terkenalnya ia sebagai penulis novel. Kepopuleran J.K Rowling bermula pada 1997 saat perusahaan penerbita di Inggris, Bloomsbury bersedia menerbitkan seri pertama kisah rekaannya, yaitu Harry Potter and the Sorcerer’s Stone. Bukunya langsung melejit menjadi buku yang terlaris di Britania Raya. Sejak itu, karyanya sebagai penulis selalu dinanti-nanti oleh banyak orang hingga ia melengkapi seluruh kisah lengkap dalam enam buku lainnya. Ketujuh buku Harry Potter yaitu,
1. Harry Potter and The Sorcerer's Stone
2. Harry Potter and The Chamber Of Secret
3. Harry Potter and The Prisoner Of Azkaban
4. Harry Potter and The Goblet Of Fire
5. Harry Potter and The Order Of Phoenix
6. Harry Potter and The Half Blood Prince
7. Harry Potter and The Deathly Hallows
Desember 2001, Rowling menikah dengan Dr. Neil Murray di rumah mereka di Skotlandia. Anak kedua dan anak lelaki pertama mereka, David Gordon Rowling Murray, dilahirkan pada 24 Maret 2003, di Royal Infirmary, Edinburgh. Untuk menjaga anaknya itu, Rowling mengatakan yang dia akan jarang muncul di depan orang banyak dan menandatangani buku kelima yang pada saat itu baru dilancarkan. Tak berapa lama selepas mengumumkan yang buku keenam seri Harry Potter telah sempurna dikarang, Rowling melahirkan anak perempuan pada 23 Januari 2005 dan dinamai Mackenzie Jean Rowling Murray.
            The Tales of Beedle the Bard adalah kumpulan kisah-kisah yang ditulis oleh Beedle, si juru cerita. Cerita ini terdapat di perpustakaan Hogwarts, merupakan dongeng sebelum tidur yang berkembang di dunia sihir. Cerita ini diberikan oleh Professor Albus Dumbledore yang diterjemahkan dari bahasa Rone Kuno oleh Harmione Granger. Berisi lima cerita pendek, yaitu Sang Penyihir dan Kuali melompat, yang bercerita tentang sebuah kuali yang selalu memberikan obat pada penyakit tetangga muggle dari penyihir pemiliknya. Yang kedua, Air mancur mujur melimpah, yaitu kisah sebuah air mancur yang dipercaya dapat membuat siapapun yang dapat membasuh diri dengan air itu akan hidup mujur dan bahagia sepanjang hidupnya, sayangnya, hanya setiap satu tahun sekali ada seorang yang dapat memasukinya di dalam sebuah tembok yang mengelilinginya. Yang ketiga adalah Penyihir Berhati Berbulu, tentang seorang penyihir yang menggunakan sihir hitam untuk memisahkan hati dengan tubuhnya. Ia menjadi dingin dan tidak memiliki perasaan sampai hatinya menjadi buas dan berbulu. Keempat, Babbity Rabbity dan tunggul Terbahak, tentang raja Muggle bodoh yang ingin menguasai ilmu sihir. Terakhir, Kisah Tiga Saudara, tentang tiga orang bersaudara dalam menghadapi kematian yang mengintai mereka. setiap kisah di buku ini menyertakan catatan dari Dumbledore langsung beserta nilai moral masing-masing kisah.
            Kelebihan dari buku ini yaitu merupakan kisah yang sanggat menggugah,menyenangkan, dan sangat menarik. Diceritakan dengan sangat apik dan imajinatif oleh J.K Rowling sehingga terlihat seperti bukan kisah fiksi, namun seperti kisah yang benar-benar ada. catatan kaki yang sangat membantu dalam memahami isi cerita. Setiap kisah yang ada, walaupun sangat beragam dengan karakter magisnya masing-masing, namun juga mengandung pesan moral yang sangat bagus. Hasil penjualan buku ini juga akan didonasikan untuk anak-anak kurang mampu melalui Children’s High Level Group.
            Kekurangan dari buku ini yaitu tidak bisa dinikmati oleh kalangan yang kurang memyukai cerita fiksi. Tidak dapat dimengerti apabila tidak mengetahui tentang cerita Harry Potter karena merupakan kisah pendukung dari Harry potter. Terdapat bahasa-bahasa sihir yang mungkin tidak dimengerti oleh umat awan tentang Harry Potter.
            Buku ini sangat layak dibaca terutama untuk para penggemar seri Harry Potter, tak lengkap rasanya bila belum membaca buku pendukung ini. Hasil penjualannya juga akan didonasikan untuk anak-anak yang kurang mampu sehingga bila membeli buku ini, selain mendapatkan kisah yang sangat menawan, juga dapat membantu anak-anak yang kurang mampu. (IS)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :