Saturday 23 August 2014

KOLERIS (PRIBADI KEKUATAN)



Banyak hal yang akan anda temukan pada diri anda. Betapa hebatnya diri anda ini sebenarnya. Apakah anda seorang Sanguinis yang spontan, lincah, dan periang Atau anda seorang Melankolis yang penuh dengan pikiran, setia, dan tekun Atau seorang Koleris yang suka petualangan, persuasif, dan percaya diri atau anda seorang Phlegmatis yang ramah, sabar, dan puas.

Disini kami akan menjelaskan tentang salah satu kepribadian yaitu Koleris yang suka petualngan, persuasif, dan percaya diri. Koleris terkenal sebagai pribadi yang kuat. Emosi koleris sangat kuat. Mereka yang berkepribadian koleris berbakat menjadi pemimpin yang dinamis dan aktif. Suka sekali dengan perubahan yang cepat. Jika terjadi kesalahan mereka berupaya untuk menyelesaikannya. Memancarkan keyakinan yang membuat orang lain percaya padanya. Tidak mudah putus asa walau banyak cobaan yang menimpa. Mereka bekerja untuk kagiatan. Mau memimpin dan berorganisasi bersama. Biasanya selalu benar dalam mengambil keputusan. Mereka juga unggul dalam keadaan yang darurat.
Betapa dunia ini memerlukan orang koleris yang kuat dan baik. Mereka dapat memberi nasihat kepada orang yang kuat ketika orang lain kehilangan penguasaannya. Orang koleris yang kuat selalu mengincar, meraih, dan berhasil. Sementara orang sanguinis yang popular bicara dan orang melankolis yang sempurna berpikir. Dia memiliki watak yang paling mudah dipahami dan mudah diajak bergaul. Orang koleris yang kuat bisa berkomunikasi secara terbuka dengan orang lain. Koleris tahu segala-galanya akan beres selama dia yang memegang pimpinan. Dia lebih banyak menyelesaikan pekerjaan daripada watak lainnya. Dia memberi tahu anda dengan jelas dimana dia berdiri. Karena orang koleris yang kuat berorientasi, tujuan, dan mempunyai kualitas kepemimpinan bawaan. Dia biasanya mengajak ke puncak dalam karir apa saja yang dipilihnya. Kata-kata yang khas dari orang koleris kuat antara lain: dengan cepat, pengendalian, komandan, keyakinan diri, tekad baja, mendominasi, tekad memegang pimpinan, memasukkan, mesin pembuat keputusan, kekuasaan, pengarahan, lebih cepat, lengkap.
Orang koleris yang kuat akan memperlihatkan sikap mengambil pimpinan sejak masa dini kehidupannya. Mereka dilahirkan sebagai pemimpin dan akan melihat keluar dari terali ranjang bayinya serta merencanakan secepat apa dia akan mengambil alih kekuasaan dari ibu. Mereka akan memberi tahu orang tuanya apa yang diharapkan dari kehidupan. Mereka akan menuntut hak sejak masih kecil. Mereka akan menggunakan suara keras atau sikap ngambek untuk mengukuhkan kekuasaan.
Orang koleris yang kuat serba memaksa dan merekayasa harus mengubah apa saja yang mereka lihat. Mengoreksi apa saja hal yang tidak benar yang diberlakukan terhadap orang yang tidak berdaya. Orang koleris yang kuat dengan cepat bangkit untuk melakukan perjuangan dan kampanye demi kebenaran. Mereka tidak pernah, tidak peduli, atau masa bodoh tetapi penuh perhatian dan penuh keyakinan.
Orang koleris yang kuat selalu lebih tertarik untuk mencapai tujuan daripada menyenangkan orang lain. Ini merupakan hal yang sekaligus positif dan negatif, bahwa mereka cenderung akan mencapai puncak sendiri sehingga orang koleris tidak mempunyai satu pun teman dalam kelompok itu. Orang koleris yang kuat selalu melakukan pekerjaan secara lebih baik kalau mereka bisa menyingkirkan orang lain yang menghambanya. Mereka kerap kali menjadi penyendiri, bukan atas kemauan sendiri, tetapi karena tidak ada seorang pun yang bisa mendampingi mereka, dan merek membiarkan orang lain tahu bahwa mereka merupakan rintangan bagi kemajuan.
Orang koleris yang kuat bukan hanya suka mencapai tujuan, tetapi mereka juga berkembang karena tantangan. Kalau orang sanguinis yang popular bertekad berhasil dalam suatu tugas, dan seorang mengatakan itu tidak bisa dilakukan. Mereka mengucapkan terima kasih banyak kepada orang itu dan berhenti berusaha.
Kelebihan dan Kekurangan Koleris
Kelebihan
Orang koleris selain memiliki keinginan yang sangat kuat, juga cenderung sangat yakin pada kemampuan diri mereka sendiri serta sangat mandiri. Mereka tidak suka diperintah oleh orang lain, tetapi suka memberikan perintah. Jika mereka menjadi pemimpin, mereka paling tidak suka orang yang plinplan, banyak bicara, tetapi tidak produktif.
Kekurangan
Sebenarnya kelemahannya tidak ada, tetapi yang ada adalah kekuatan yang digunakan secara berlebihan. Keinginan mereka untuk menjadi nomor satu adalah hal yang alami bagi mereka. Ini tidak berarti bahwa mereka egois, tetapi ini lebih disebabkan oleh dorongan perasaan bahwa kalau mereka sudah mendapat posisi atau keadaan yang baik, maka mereka akan dapat membantu orang lain dengan lebih baik.
Mereka juga sering terlihat bangga dan menunjukkan kekuasaan atau superioritasnya. Sekali lagi, sebenarnya, mereka tidak bermksud demikian, tetapi ini disebabkan mereka ingin lebih menunjukkan kepercayaan dirinya.
Orang koleris terkadang kurang bijaksana. Dalam bertindak, mereka seringkali menjadi sangat marah terhadap hal-hal kecil atau tindakan yang mereka anggap bodoh. Dan kalau sudah marah, mereka bisa sangat kasar dalam berbicara. Mereka dapat menghancurkan Anda hanya dengan menggunakan kata.
Walaupun orang koleris penuh temperamen, mudah marah, mereka juga mudah memaafkan orang lain. Mereka juga bisa dengan mudah melupakan kemarahannya. Sering terjadi, sementara orang di sekitarnya masih bingung dengan apa yang terjadi, orang koleris sudah lupa apa yang tadi membuatnya marah.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :