Sunday 23 February 2014

SMP NEGERI 1 KOTA TANGERANG SELATAN (EKS. SMPN 1 SERPONG)


Jl. Raya Serpong, Tangerang-Banten 15311
Telp : 021 - 7562662

·        Profil Sekolah
Sekilas Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. SMP Negeri 1 Serpong pertama kali dibangun tahun 1961. Sekolah ini dibangun diatas lahan kurang lebih 4000 m2. Sebuah Sekolah yang telah lama berdiri atau sekolah yang pertama berdiri di sekitar kota Tangerang Selatan. Sekolah ini dahulu bernama Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Serpong tetapi mengingat banyaknya sekolah yang ada di daerah Tangerang Selatan. Pemerintah akhirnya mengubah nama sekolah ini menjadi SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan pada tahun 2009. Mengapa pemerintah menjadikan sekolah ini sebagai center dari sekolah menengah pertama yang ada di Tangerang Selatan? Itu dikarenakan sekolah ini adalah sekolah tertua yang ada di Tang-Sel. Selama perkembangan dari tahun ke tahun SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan Mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Bisa dilihat juga dari luas lahan yang dahulunya kurang lebih 4000 M2 sekarang telah bertambah menjadi 6000 M2.

·        Situasi Sekolah
Sekolah ini memiliki kelas berjumlah 28 kelas dengan jumlah murid tahun pelajaran 2012/2013 mencapai sekitar 1106 terdiri dari 30 murid Kristen, 17 Hindu dan Buddha, dan sisanya Muslim. Kelas di sekolah ini dibagi menjadi:
1.     Kelas 7 = 10 Kelas
2.     Kelas 8 = 10 Kelas
3.     Kelas 9 = 5 Kelas
4.     Kelas Khusus Olahraga = 3 Kelas
Disekolah ini memiliki keunikan khusus yang pernah kami temui yaitu kelas khusus olahraga. Kelas khusus olahraga adalah kelas dimana siswa lebih banyak diajarkan kegiatan olahraga. Tetapi siswa juga tetap diajarkan pelajaran umum untuk menempuh ujian nasional. Rencananya sekolah juga akan membangun gedung khusus untuk kegiatan olahraga. Fasilitas yang ada sama seperti sekolah pada umumnya yaitu lapangan basket serba guna. Maksudnya lapangan basket ini bisa digunakan untuk segala bentuk olahraga lain seperti futsal, karate, tenis, badminton, dll. Ruang lab yang sudah lengkap seperti lab komputer, lab IPA, dan lab bahasa yang cukup lengkap.
Jumlah guru yang ada di sekolah ini berjumlah 62 guru aktif dan 17 staf. Guru di SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan terlihat lebih baik karena disini kami melihat guru disini sangat dihormati dan dihargai. Setiap murid yang bertemu dengan guru siapa pun pasti menyapa dan memberikan hormat dengan salam.
·        Jadwal
Jadwal yang diberikan oleh sekolah di bedakan ada dua jadwal yaitu jadwal untuk kelas reguler dan jadwal untuk kelas olahraga. Jadwal kelas reguler:
Masuk        : pukul 06.45 – 9.40
Istirahat      : pukul 9.40 – 10.00
Masuk        : pukul 10.00 – 12.40 (jum’at 11.30)
Jadwal kelas olahraga:
Masuk olahraga   : pukul 07.00 – 9.40
Istirahat               : pukul 9.40 – 10.00
Masuk pelajaran  : pukul 10.00 – 14.30 (jum’at 11.30)
Masuk olahraga   : pukul 16.00 – 18.00 (Jum’at libur)
Jadwal berpakaian juga hampir sama waktu pembelajaran reguler, tetapi kelas olahraga lebih sering memakai pakaian olahraga karena hampir semua pelajaran di dominasi oleh pelajaran olahraga.

Jadwal pakaian sekolah:
Senin          : Baju dan celana putih
Selasa         : Putih Biru
Rabu           : Batik Hijau (Khas sekolah)
Kamis         : Putih Biru
Jum’at        : Baju koko bawahan hitam (khas jum’at)
Sekolah ini juga memiliki ciri khas yang berbeda dengan sekolah-sekolah yang lainnya yaitu selalu melakukan Tadarus waktu pagi hari (wajib bagi yang muslim). Juga para siswa dianjurkan mengikuti sholat Jum’at di sekolah bagi laki-laki muslim. Di hari Jum’at juga untuk non muslim seperti Kristen, Katholik, Hindu, dan Buddha mengikuti jam agama masing-masing di sekolah.
·        Prestasi yang pernah diraih sekolah
Prestasi siswa dalam segi ilmu pengetahuan adalah Pemenang lomba OSN SMP tingkat Nasional yang diselenggarakan di Medan. Pemenangnya adalah Gilang yaitu salah satu siswa perwakilan dari SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Lomba yang lainnya yang bertaraf Nasional adalah Lomba Tinju, Bulu Tangkis, Voly, dan Story Telling. Kebanyakan piala – piala terdiri dari lomba – lomba tingkat Daerah propinsi, kota, ataupun lomba antar sekolah.


·        Download doc




1 comment:

  1. ka punya info smp terbuka yg di smp 1 tangsel ga ya (sejarahnya)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :