Friday 8 August 2014

Konfersi Agama



Pengertian Konversi Agama
Untuk memberikan pengertian yang tegas tentang apa yang dimaksud dengan konversi agama itu tudak mudah, meskipun kita tahu, bahwa kata konversi (conversion) berarti berlawanan arah, sehingga dengan sendirinya konversi agama berarti terjadinya suatu perubahan keyakinan yang berlawanan arah dengan keyakinan semula. Untuk memberikan gambaran yang lebih mengena tentang yang dimaksud dengan konversi agama, maka perlu dijelaskan melalui uraian pengertian secara etimologi dan terminology.

a.         Pengertian konversi agama secara etimologi, konversi berasal dari kata latin "conversio" yang berarti tobat, pindah, berubah (agama). Kemudian kata tersebut dipakai dalam kosakata Inggris "conversion" yang mengandung pengertian berubah dari suatu keadaan, atau dari suatu agama ke agama lain. mengandung pengertian bertobat, berubah agama, berbalik pendirian (berlawanan arah) terhadap ajaran agama atau masuk ke dalam agama.
b.        Pada umumnya pengertian konversi agama secara terminology dapat diartikan sebagai berubah agama atau masuk agama
Konversi agama menurut terminologi, menurut pengertian ini dikemukakan oleh :
1.      Max Heirich mengatakan bahwa konversi agama adalah suatu tindakan di mana seseorang atau sekelompok orang masuk atau berpindah ke suatu sistem kepercayaan atau perilaku yang berlawanan dengan kepercayaan sebelumnya.
2.      W.H.Clark mendefinisikan konversi agama merupakan sebagai suatu macam pertumbuhan atau perkembangan spiritual yang mengandung perubahan arah yang cukup berarti, dalam sikap terhadap ajaran dan tindakan agama.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :