Sunday 4 May 2014

Strategi Pembelajaran

Pengertian Strategi
1.    Secara bahasa, strategi dapat diartikan sebagai siasat, kiat, trik atau cara, sedangkan secara umum strategi adalah suatu garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan {Newman dan Logan, dalam bukunya yang berjudul Strategy Policy and Central Management (1971 : 8), Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry (Sutikno, 2007: 3)}.
2.    W. Gulo (2002: 3) : Menyatakan bahwa strategi dapat diartikan sebagai: a plan of operation achieving something, atau rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu.
3.    T. Raka Joni (1991), mengatakan strategi adalah ilmu dan kiat dalam memanfaatkan segala sumber yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4.    Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, strategi diartikan sebagai rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus (2005: 1092).

Strategi Pembelajaran menurut pendapat para ahli:
 Gerlach dan Ely : Strategi belajar-mengajar adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.
Dick dan Carey : Strategi belajar-mengajar tidak hanya terbatas pada prosedur kegiatan, melainkan juga termasuk di dalamnya materi atau paket pengajarannya.
  Joyce and Weil (1996:7) : Strategi pembelajaran pada hakikatnya adalah mengkondisian siswa belajar, pernyataan  ini didukung oleh para ahli yang menyatakan bahwa sesungguhnya hasil belajar jangka panjang yang paling penting dari pembelajaran adalah meningkatkan kemampuan siswa untuk belajar lebih mudah dan efektif di masa datang.
Kemp (Wina Senjaya, 2008) : Strategi pembelajaran adalah suatu tahapan kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
  J. R David, (Wina Senjaya, 2008) : dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
 Syaiful Bahri dan Aswan Zain (1995) : Strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang ditentukan. Dalam pembelajaran strategi sebagai pola-pola umum kegiatan guru-peserta didik dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
A.J. Romiszowski (1981) : berpendapat bahwa strategi adalah suatu pandangan umum tentang rangkaian tindakan yang diadaptasi dari perintah-perintah terpilih untuk metode pembelajaran.
Kozna (1989) : secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.
 Gropper (1990) : mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Hamza B. Uno, 2009:1).
 J.J Hasibuddin dan Moedjiono (2002:3) : strategi pembelajaran adalah pola umum perbuatan guru-murid di dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran. Pengertian strategi dalam hal ini menunjuk kepada karakteristik abstrak dari rentetan perbuatan guru-murid di dalam peristiwa pembelajaran.


KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat ditarik penulis:
Strategi Pembelajaran adalah suatu cara atau kiat-kiat sebagai suatu perencanaan yang disusun oleh guru yang diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu meningkatkan kemampuan siswa untuk mewujudkan kegiatan belajar yang lebih mudah, efektif dan efisien.


SUMBER


http://sulanam.sunan-ampel.ac.id/?p=106 (diakses tgl 14 agustus jem pk. 14.09 WIB)


       Gulo, W, 2002, Strategi Belajar-Mengajar, Jakarta: Grasindo.

Tobing, Rangke L , Setia Adi, Hinduan, 1990, Model-Model mengajar Metodik Khusus Pendidikan Ilmu pengetahuan Alam Sekolah Dasar, makalah dalam penataran Calon Penatar Dosen Pendidikan Guru SD (Program D-II)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :