Sunday 18 May 2014

Membuat sketsa PS


Banyak cara membuat efek sketsa pada foto menggunakan Photoshop, salah satunya dengan cara memanfaatkan salah satu palette pada jendela Photoshop yakni palette Channels.
Palette Channels berfungsi untuk menyimpan informasi mengenai warna yang berlaku pada gambar yang sedang kita kerjakan. Dan menggunakan Channels kita dapat menyeleksi gambar berdasarkan warna. Fasilitas panel Channels memungkin Sobat untuk membuat Channel baru, menggandakan Channel dan beberapa perintah lain.

Dibawah ini adalah tutorial bagaimana cara membuat efek sketsa pada foto menggunakan photoshop, Cekidot!!!
Langkah 1

Kita masukan terlebih dahulu foto yang ingin kita edit dengan cara pilih menu File > Open... Dibawah ini saya menggunakan foto gadis cantik ini.


Langkah 2

Pada palette Channels kita pilih channels Red sehingga tampilan foto menjadi hitam putih, selanjutnya tekan Ctrl + A pada keyboard untuk menyeleksi channels. Setelah terseleksi, copy channels dengan menekan Ctrl + C pada keyboard. Setelah dicopy tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.


Langkah 3

Kita beralih ke Palette layer, buat layer baru dengan cara klik icon “create a new layer” atau tekan Ctrl + Shift + N pada keyboard. Kita pastekan channels yang kita copy tadi dengan cara tekan Ctrl + V pada keyboard.


Langkah 4

Duplikat layer dengan cara tekan Ctrl + J pada keyboard, kemudian ubah blending modenya menjadi screen dan kecilkan nilai opacitynya menjadi 70%.


Langkah 5

Selanjutnya buat kembali layer baru dengan cara tekan Ctrl + Shift + N pada keyboard, kemudian kita gunakan brush tool (B) dan pastikan warna foregroundnya putih (#ff0000).



Usapkan Brush tool pada sisi pinggir pada lembar kerja (foto) kita sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini.


Hasil






No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :