Pengertian Strategi
1. Secara
bahasa, strategi dapat diartikan sebagai siasat, kiat, trik atau cara,
sedangkan secara umum strategi adalah suatu garis besar haluan dalam bertindak
untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan {Newman dan Logan, dalam bukunya yang berjudul Strategy
Policy and Central Management (1971 : 8), Pupuh Fathurrohman dan M.
Sobry (Sutikno, 2007: 3)}.
2. W. Gulo (2002: 3) :
Menyatakan bahwa strategi dapat diartikan sebagai: a
plan of operation achieving something, atau rencana kegiatan
untuk mencapai sesuatu.
3. T. Raka Joni (1991), mengatakan strategi
adalah ilmu dan kiat dalam memanfaatkan segala sumber yang dimiliki dan/atau
yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4. Dalam
kamus Besar Bahasa Indonesia, strategi diartikan sebagai rencana yang cermat
mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus (2005: 1092).
Strategi
Pembelajaran menurut pendapat para ahli:
Gerlach
dan Ely : Strategi belajar-mengajar adalah cara-cara yang dipilih untuk
menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang
meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman
belajar kepada siswa.
Dick
dan Carey : Strategi belajar-mengajar tidak hanya terbatas pada prosedur
kegiatan, melainkan juga termasuk di dalamnya materi atau paket pengajarannya.
Joyce and Weil
(1996:7) : Strategi pembelajaran pada hakikatnya adalah mengkondisian siswa
belajar, pernyataan ini didukung oleh
para ahli yang menyatakan bahwa sesungguhnya hasil belajar jangka panjang yang
paling penting dari pembelajaran adalah meningkatkan kemampuan siswa untuk
belajar lebih mudah dan efektif di masa datang.
Kemp
(Wina Senjaya, 2008) : Strategi pembelajaran adalah suatu tahapan kegiatan
pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran
dapat dicapai secara efektif dan efisien.
J. R
David, (Wina Senjaya, 2008) : dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan.
Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang
keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
Syaiful
Bahri dan Aswan Zain (1995) : Strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis
besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang ditentukan.
Dalam pembelajaran strategi sebagai pola-pola umum kegiatan guru-peserta didik
dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah
digariskan.
A.J.
Romiszowski (1981) : berpendapat bahwa strategi adalah suatu pandangan umum
tentang rangkaian tindakan yang diadaptasi dari perintah-perintah terpilih
untuk metode pembelajaran.
Kozna
(1989) : secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan
sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas
atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran
tertentu.
Gropper (1990) : mengatakan bahwa strategi
pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Hamza B. Uno, 2009:1).
J.J
Hasibuddin dan Moedjiono (2002:3) : strategi pembelajaran adalah pola umum
perbuatan guru-murid di dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran. Pengertian
strategi dalam hal ini menunjuk kepada karakteristik abstrak dari rentetan
perbuatan guru-murid di dalam peristiwa pembelajaran.
KESIMPULAN
Kesimpulan
yang dapat ditarik penulis:
Strategi
Pembelajaran adalah suatu cara atau kiat-kiat sebagai suatu perencanaan yang
disusun oleh guru yang diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu meningkatkan kemampuan siswa untuk mewujudkan
kegiatan belajar yang lebih mudah, efektif dan efisien.
SUMBER
http://data.tp.ac.id/dokumen/definisi+strategi+belajar+mengajar+menurut+para+ahli
(diakses tgl 14 agustus jem pk. 14.03 WIB)
http://data.tp.ac.id/dokumen/pengertian+strategi+belajar+mengajar+menurut+para+ahli
(diakses tgl 14 agustus jem pk. 14.06 WIB)
http://sulanam.sunan-ampel.ac.id/?p=106
(diakses tgl 14 agustus jem pk. 14.09 WIB)
http://ismailbugis.wordpress.com/2011/06/19/pengertian-strategi-pendekatan-model-teknik-dan-metode-pembelajaran/
(diakses tgl 14 agustus jem pk. 14.12 WIB)
Gulo, W, 2002, Strategi Belajar-Mengajar,
Jakarta: Grasindo.
Tobing, Rangke L
, Setia Adi, Hinduan, 1990, Model-Model mengajar Metodik Khusus Pendidikan Ilmu pengetahuan Alam
Sekolah Dasar, makalah dalam penataran Calon Penatar Dosen Pendidikan
Guru SD (Program D-II)
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar