Tuesday 16 December 2014

(RANGKUMAN SEMINAR AGAMA BUDDHA) KEWIRAUSAHAAN

Arti dari Kewirausahaan secara umum, wira berarti keberanian dan usaha yang artinya kegiatan bisnis komersial/non-komersial. Kewirausahaan adalah kegiatan keberanian seseorang dalam membuat sebuah usaha juga dengan menggunakan analisis SWOT. Kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat pasar belum terbentuk menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979). Menurut Penrose (1963) adalah kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang di dalam system ekonomi. Frank Knight (1921) wirausaha mencoba untuk memprediksika dan menyikapi perusahaan global.

Ciri seorang wirausahawan yang baik, yaitu:
1.     Percaya diri
2.     Berorientasikan tugasdan hasil
3.     Berani mengambil resiko
4.     Kepemimpinan
5.     Keorisinilan
6.     Berorientasi pada masa depan
7.     Jujur dan tekun
Sutta-sutta yang berhubungan dengan kewirausahaan (Pattakamma Sutta) Samyutta Nikaya dan Anguttara Nikaya IV, 285
3 fungsi kerja dalam pandangan Buddha Dhamma
a)     Memberikan kesempatan kepada orang untuk mengembangkan dan menggunakan bakatnya.
b)    Agar orang dapat mengatasi egoismenya dengan jalan bergabung dengan orang lain untuk melaksanakan tugasnya.
c)     Menghasilkan barang dan jasa yang perlu untuk kehidupan yang layak.
Pattakamma Sutta dan Vyagghapajja Sutta menerangkan empat syarat yang diperlukan agar seseorang bisa mendapatkan kebahagiaan di alam-alam berikutnya, yaitu:
1.       Saddha: seseorang mempunyai keyakinan kepada penerangan sempurna yang telah dicapai oleh Sang Buddha (Tathagatassa bodhi saddha), dimana Sang Buddha adalah seorang yang mendapat sebutan Bhagava, Arahat, Sammasambuddho, sempurna dalam pengetahuan serta tindak-tanduk-Nya, Sugato, pengenal segenap alam, pembimbing manusia yang tiada taranya untuk mencapai pembebasan, guru para dewa dan manusia, dan Beliau adalah seorang Buddha.
2.       Sila: seorang yang telah menyatakan dirinya sebagai upasaka atau upasika diharapkan untuk melaksanakan Pancasila, yaitu menghindari diri dari pembunuhan, pencurian, perzinaan, berbohong, dan minum-minuman keras yang memabukkan.
3.       Cagga: praktik kemurahan hati, misalnya dengan jalan berdana yang ditujukan untuk mengurangi kemelekatan kepada materi.
4.       Pabba: pengembangan kebijaksanaan yang ditujukan untuk pembebasan dari penderitaan. Dalam hal ini seseorang akan bebas dari nafsu-nafsu keserakahan akan materi, keinginan jahat, kelambanan, kemalasan dan keragu-raguan.
Buddha juga telah menjelaskan mata pencaharian benar, jadi segala pekerjaan jangan sampai menyimpang dari ajaran Buddha Dhamma. Ada lima hal yang tidak dianjurkan dalam Agama Buddha untuk diperdagangkan yaitu:
1.       Bisnis Senjata
2.       Bisnis Manusia
3.       Bisnis Daging
4.       Bisnis Barang yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran
5.       Bisnis Racun
Penggunaan materi yang seimbang (digha nikaya III, 188)
50% digunakan untuk usaha
25% digunakan untuk kehidupan sehari-hari
25% untuk cadangan dan bakti sosial

Pertanyaan-pertanyaan
1.     Bagaimana jika saya ingin menjadi seorang wirausaha tapi modal saya kurang, padahal ide yang dimiliki cukup bagus?
Jawab: daripada kita menunda-nunda ide ada untuk itu kita perlu membangun link yang solid dan menjalin hubungan contohnya menggunakan media sosial untuk mengenal seseorang yang memiliki modal untuk membantu bisnis yang anda berikan. (DSM)
2.     Lebih cepat sukses mana menurut anda, keberanian mengambil resiko walau tidak memiliki modal atau lebih mematangkan pengalaman dan modal sebelum membangun usaha?
Jawab: lebih memilih yang poin ke 2, selain kita membangun pengalaman tapi kita tidak melihat pengalaman kita yang telah memiliki. Kita tidak boleh menelan sesuatu itu tidak boleh setengah-setengah dan tidak tahu akibat dari segala, tapi sebaiknya kedua hal itu harus ada seseorang. Jadi jangan mengambil resiko secara pertimbangan yang matang.(DSM)


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar

Blogger Zeroalta

Pink Lotus Flower
Please klik some Ads...! close

Ads promo :